Kepala Dinas Kesehatan Kab. JEPARA

dr DWI SUSILOWATI, M.Kes
NIP. 19610525 198912 2 001
LINK TERKAIT
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 13321 user
  • IP address : 23.23.67.57
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
PERTEMUAN INTEGRASI SDIDTK, PAUD DAN BKB (WILAYAH PUSKESMAS PECANGAAN) DI KABUPATEN JEPARA TANGGAL 2
Kategori Berita | Diposting pada : 2013-03-25 -|- 02:40:00 oleh Admin
Share this article on

Besaran Masalah Kematian Neonatal, Bayi dan Balita dengan teori 2/3 proporsi kematian bayi, maka kematian neonatal merupakan 2/3 dari jumlah kematian bayi, dan kematian bayi merupakan 2/3 dari jumlah kematian balita.


Berbagai kegiatan telah dilakukan untuk menurunkan angka kematian neonatal, bayi dan balita sekaligus juga untuk meningkatkan kualitas hidup anak. Kegiatan / program tersebut bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan anak sekaligus mempersiapkan anak sebagai generasi penerus bangsa yang berkualitas.


AKABA Kabupaten Jepara tahun 2012 terlaporkan 10,71 per 1000 kelahiran hidup. Dengan cakupan pelayanan balita sebesar 85,55 % dari target 90 %.  Angka ini masih perlu ditingkatkan dan mendapatkan perhatian dari berbagai unsur pendukung.


Kegiatan program anak dalam SDIDTK (Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang) tidak dapat mencapai hasil yang optimal apabila berdiri sendiri tanpa diintegrasikan dengan wadah yang mendukung pelaksanaan kegiatan ini.  PAUD (Pendidikan Anak Usia  Dini) dan BKB (Bina Keluarga Balita) adalah wadah yang tepat untuk melaksanakan dan mengembangkan kegiatan SDIDTK.


Oleh karena itu perlu kiranya melaksanakan pertemuan dengan mengintegrasikan ketiga unsur tersebut untuk memperoleh hasil yeng lebih optimal.


Dengan tujuan pertemuan itu adalah



  1. Mensosialisasikan model integrasi SDIDTK, PAUD dan BKB

  2. Meningkatkan pemahaman peserta dalam SDIDTK sesuai dengan indikator program

  3. Meningkatkan pemahaman peserta tentang psikologi perkembangan anak balita


Dengan sasaran dari kegiatan ini adalah Guru TK / PAUD, dan Materi dari kegiatan ini adalah Kebijakan integrasi SDIDTK, PAUD dan BKB, indikator keberhasilan SDIDTK, Perkembangan anak dan balita.


Dan hasil dari pertemuan ini adalah



  1. Pertemuan dibuka oleh Ka. Bid. Yankes selaku wakil Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara.  Dalam pengarahannya disampaikan bahwa balita sangatlah perlu mendapatkan perhatian dalam perkembangannya sesuai dengan indikator perkembangan balita karena anak adalah generasi penerus bangsa.

  2. Disampaikan materi kebijakan Integrasi SDIDTK, PAUD dan BKB oleh penyaji  yang kemudian disambung oleh penyampaian indikator keberhasilan SDIDTK.  Setelah selesai penyajian peserta mengajukan beberapa pertanyaan yang dijawab dengan baik oleh penyaji. 

  3. Penyampaian materi berikutnya yaitu perkembangan anak balita dilihat dari segi psikologinya.  Materi ini mendapatkan antusias yang cukup baik dari para peserta, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta.  Kebanyakan peserta menanyakan bagaimana cara mengatasi dan menangani anak didik yang berperilaku ”over” / lain dibandingkan teman-temannya di sekolah.  Dari jawaban penyaji, peserta tampak cukup puas dan  bahkan karena keterbatasan waktu beberapa pertanyaan peserta tidak dapat diajukan lagi.


Demikianlah pelaksanaan Pertemuan Integrasi SDIDTK, PAUD dan BKB di Kabupaten Jepara.  Semoga bermanfaat dalam peningkatan pelayanan kesehatan anak balita.


 


 



Baca Juga Berita Lainnya
GALERI KEGIATAN TERBARU
BERGABUNG DENGAN GROUP KAMI DI FACEBOOK